Siapa sih yag belum tahu tentang PT Pos Indonesia? PT Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos yang berbentuk pengiriman surat, pengiriman uang maupun pengiriman paket.
Strategi pemasaran PT. Pos Indonesia berusaha untuk memberikan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dibidang jasa pengiriman sehingga diharapkan akan mencapai sasaran yang diinginkan dan tepat dalam menghadapi persaingan bisnis.
Berikut Analisis SWOT, STP, dan 4P pada PT Pos Indonesia :
A.
ANALISIS SWOT PT POS INDONESIA
Strength (kekuatan)
· PT Pos Indonesia merupakan perusahaan
jasa pos pertama yang berdiri di Indonesia dan masyarakat sudah jauh lebih
dahulu mengenal Pos Indonesia dibandingkan yang lainnya
· Kantor Pos Indonesia memiliki peranan
multifungsi yang tidak dimiliki oleh kantor pos lainnya. Peran multifungsi inii
memudahkan masyarakat untuk mengirim surat sekaligus melakukan berbagai
transaksi keuangan
· Luasnya jaringan cabang kantor pos
diseluruh Indonesia menjadikan Pos Indonesia sebagai pilihan utama konsumen
untuk pengiriman dalam negeri.
Weakness (kelemahan)
· Kebanyakan produk-produk inovasi baru
pada PT Pos Indonesia yang masih digunakan oleh masyarakat menengah ke atas seperti
mail online, terbatasnya jaringan online di masyarakat itulah yang jadi
hambatan karena tidak semua orang memiliki jaringan internet.
· Kurangnya iklan publikasi untuk
informasi produk, karena kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum paham
dengan cara kerja dari produk-produk yang ada dalam PT Pos
Indonesia.
· Masyarakat Indonesia masih belum
percaya dengan keamanan informasi di Indonesia karena banyaknya masalah yang
terjadi, menyebabkan PT Pos Indonesia kurang dipercayai oleh beberapa
masyarakat. Oleh sebab itu PT Pos Indonesia mengutamakan keamanan informasi
produk-produk agar masyarakat kembali percaya dan tidak takut dengan hal-hal
seperti itu.
Opportunity (peluang)
· Dengan menawarkan harga yang lebih
bersifat ekonomis apabila dibandingkan dengan jasa pos lainnya, maka menjadi
sebuah peluang bagi PT Pos Indonesia.
Threath (ancaman)
· Semakin meluasnya pasar global, maka
dapat dipastikan semakin banyak perusahaan-perusahaan asing yang masuk ke
pasaran Indonesia.
· Perusahaan-perusahaan jasa pos
internasional yang didukung dengan teknologi canggih dan lebih modern, dan
promosi yang lebih gencar dapat menjadi ancaman bagi perusahaan-perusahaan lokal,
termasuk Pos Indonesia.
· SDM menjadi kurang berjiwa kompetitif dalam mencari dan menangkap berbagai peluang bisnis yang bisa menjadi sumber pendapatan perusahaan, karyawan lebih banyak bersikap menunggu dibandingkan menjemput pekerjaan. Hal ini membuat PT Pos Indonesia menjadi kurang sigap dalam mengantisipasi perkembangan dan persaingan di bisnis sejenis.
B. ANALISIS STP PT POS INDONESIA
1. Segmentation
· Segmentasi Geografis : Kantor Pos
Indonesia terletak di lokasi yang strategis dan ada di seluruh pelosok
Indonesia
· Segmentasi Demografis : Usia pengguna
jasa Pos Indonesia di kelompokkan dari usia 26-35 tahun, dari wanita maupun pria.
· Segmentasi Status Sosial : Rata-rata
dikunjungi oleh kalangan menengah dan menengah bawah
2. Targeting
Target pasar yang paling potensial adalah kelompok usia 26-35 tahun,
yang mayoritas adalah wiraswasta.
3. Positioning
Menurut
persepsi konsumen, Pos Indonesia diposisikan sebagai jasa kiriman yang unggul
dalam harga yang terjangkau dan wilayah antar yang luas
C. ANALISIS 4P PT POS INDONESIA
1.
Produk
(product)
Pos Indonesia membagi lingkup bisnisnya menjadi dua, yaitu Bisnis Surat Paket dan Jasa Keuangan. Adapun produk dari PT. Pos
Indonesia yaitu Filateli dan konsinyasi (perangko dan materai), Admail Pos,
Express Mail Service (EMS) dan RLN internasional, Pos Ekspor, Paket Pos, Surat Pos, Logistik, Kargo, Bank channeling, Fund distribution (Western Union
dan PosPay), Giro pos, Wesel Pos, Gallery Pos, PostShop, Agen pos.
2.
Harga
(price)
PT. Pos Indonesia memiliki
tiga tarif layanan unggulan yang dapat memenuhi kepuasan konsumen karena harga
yang kompetitif. Estimasi tarif ongkos pengiriman Pos Indonesia dari kota ke
kota dengan berat barang 500 gram (0,5 kg) memiliki tarif harga yang berbeda, seperti Pos kilat khusus Rp 12.000, Pos Express dokumen Rp
14.000, dan Pos Express barang Rp 14.500. Nantinya pada saat mengecek tarif Pos Indonesia, maka kita akan disuguhi tiga macam pilihan pengiriman yang
bisa dipergunakan beserta estimasi waktu pengiriman.
3.
Tempat
(place)
Bagi masyarakat seluruh Indonesia yang berkeinginan untuk menjadi pelanggan
PT. Pos Indonesia dapat langsung mendatangi kantor Pos Indonesia yang
bertebaran di kota-kota seluruh Indonesia.
4.
Promosi
(promotion)
PT. Pos Indonesia menentukan promosi sebagai alat untuk
memberikan informasi kepada calon pembeli. Promosi penting dilakukan untuk
melihat bagaimana perusahaan memasarkan produknya. Media promosi yang digunakan
PT. Pos Indonesia yaitu Iklan seperti mengiklankan produk di radio, spanduk,
brosur, poster, website, dan pensponsoran atau event.
0 Komentar