5 Gunung Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Indonesia yang terletak di jalur cincin api membuat Indonesia salah satu negara yang memiliki gunung terbanyak di dunia. Setidaknya ada ratusan gunung indah yang tersebar di Wilayah Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, kita punya banyak sekali gunung yang indah. Jika disuruh menentukan gunung mana yang memiliki pemandangan paling indah pasti semua orang akan kesulitan. Namun, kita akan coba memberimu gambaran 5 gunung terindah yang ada di Indonesia.

Penasaran apa saja gunung terindah yang ada di Indonesia?? Yukk mari simak selengkapnya!


1. Gunung Rinjani, NTB


Gunung Rinjani sering disebut sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Hal ini karena jalurnya yang terbilang sulit karena ada padang savanna yang ditumbuhi bunga Edelweiss. Kamu juga bisa mendapatkan suasana sunrise dari atas Gunung Rinjani. Selain itu, keunikan lain yang ada di sini adalah Danau Segara Anak yang berada di ketinggian 2.000 mdpl dan dapat terlihat jelas dari puncak. Ada juga Gunung Barujari yang berada di tengah Danau Segara Anak dan sering disebut sebagai anak Gunung Rinjani. 

Jika kamu pernah melihat keindahan Gunung Rinjani langsung dengan mata kepala sendiri, tentu kamu akan mengiyakan pendapat itu dengan sangat mudah. 


2. Gunung Semeru, Jawa Timur


Gunung Semeru merupakan gunung paling indah sekaligus paling tinggi di Pulau Jawa. Gunung ini telah menjadi legenda sejak lama. Mulai dari jaman Su Hok Gie hingga jamannya pendaki kekinian seperti sekarang. Keindahan gunung ini tak pernah lekang termakan waktu. Keindahan gunung ini membuat para pendaki dari berbagai daerah rela datang jauh-jauh. Gunung Semeru juga merupakan salah satu gunung paling ramai. Maksimal kuota pendakian yang hanya 500 membuat para pendaki kadang harus antre di Ranu Pani.

Sama seperti Rinjani, Gunung Semeru juga memiliki permata super cantik dalam diri Ranu Kumbolo. Sebuah danau alami yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl. Di depan Ranu Kumbolo ada Tanjakan Cinta yang juga tidak kalah terkenal di kalangan pendaki. Kemudian ada Oro-oro Ombo yang ditumbuhi oleh bunga lavender. Dengan semua keindahan yang dimilikinya, wajar kalau Gunung Semeru menjadi incaran para pendaki dimanapun berada. Apalagi keindahan gunung ini juga pernah di-film kan.


3. Gunung Prau, Jawa Tengah


Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah dikenal memiliki bentang alam pegunungan yang sangat indah. Salah satu tempat terbaik yang wajib dikunjungi di Dieng adalah Gunung Prau. Gunung ini merupakan tanah tertinggi dalam barisan Dataran Tinggi Dieng. Dari puncak gunung ini kita bisa melihat pemandangan puncak Gunung Sindoro dan Sumbing yang terlihat begitu gagah dan elegan. Gunung Prau juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Dieng selain Puncak Sikunir.

Gunung Prau memiliki puncak berupa padang rumput yang sangat luas. Di sekitar puncak kita akan melihat barisan bukit-bukit yang sering disebut sebagai Bukit Teletubies. Yang menarik dari Gunung Prau adalah tingginya yang “hanya” 2.565 mdpl dengan track pendakian yang tidak terlalu sulit sehingga siapapun bisa mendaki gunung ini dan menikmati keindahan dari puncaknya. Banyak juga pendaki yang berpendapat bahwa Gunung Prau adalah gunung yang memiliki pemandangan sunrise paling indah.


4. Gunung Kelimutu, NTT


Kabupaten Ende di Nusa Tenggara Timur juga memiliki sebuah gunung dengan pemandangan yang sangat menawan. Gunung tersebut adalah Gunung Kelimutu. Tinggu Gunung Kelimutu sendiri hanya 1.639 mdpl namun pemandangan yang ditawarkan benar-benar keren. Di puncak gunung ini terdapat tiga buah danau yang dikenal dengan Danau Tiga Warna karna masing-masing air di danau tersebut memiliki warna yang berbeda-beda. Warna air di danau ini kadang juga berubah seiring waktu. Ketiga danau tersebut memiliki nama masing-masing antara lain Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (danau biru), Tiwu Ata Polo (danau merah) dan Tiwu Ata Mbupu (danau putih).

Gunung ini juga memiliki banyak mitos. Salah satu mitos menyebutkan kalau air di ketiga danau ini sampai melebur menjadi satu maka dunia akan kiamat. Masyarakat di sana juga percaya bahwa perubahan air di danau ini (yang perubahannya sangat jarang terjadi) merupakan tanda bahwa telah terjadi sebuah peristiwa alam luar biasa di bumi.


5. Gunung Ijen, Jawa Timur


Gunung lain di Jawa Timur yang memiliki pemandangan spektakuler adalah Gunung Ijen. Gunung ini berada di antara tiga kabupaten di Jawa Timur yakni Banyuwangi Situbondo dan Bondowoso. Namun, pos pendakian gunung ini berada di Desa Paltuding, Kecamatan Kecamatan Licin, Banyuwangi. Gunung Ijen bisa diketegorikan sebagai gunung yang tidak tinggi karna tingginya tidak sampai 3.000 mdpl. Gunung ini memiliki ketinggian maksimal 2.443 mdpl. Yang istimewa dari gunung ini adalah pemandangan api biru yang akan terlihat begitu keren pada dini hari.

Gunung Ijen sangat terkenal dengan pemandangan api birunya. Sebuah fenomena alam langka yang konon hanya ada dua di dunia. Api biru tersebut berasal dari cairan belerang yang ditambang secara tradisional oleh masyarakat di sekitar Gunung Ijen. Untuk menikmati keindahan api biru di Ijen kita bisa mendaki Gunung Ijen pada malam hari. Pemandangan maksimal di Gunung Ijen akan kita dapatkan pada dini hari ketika malam semakin peka.